LARUKU JKT : Mengenang 2 Mei Empat Tahun Yang Lalu

Ini tulisan alay saya kala Laruku World Tour empat tahun yang lalu. Membacanya kembali membuat saya terkenang hari itu, konser paling berkesan yang pernah saya tonton.

IMG_5604

L`arc en Ciel World Tour Jakarta- Light My Fire!-part 1-

~Finally our dreams came true~

Oke, akhirnya gw nulis tentang tanggal 2 Mei 2012. The most incredible night ever!

Selasa, 1 Mei 2012 ~ngantriiii

Gw dan Talitha berangkat dari Padang hari Minggu tanggal 29 April 2012. Dua hari menginap di Jatinangor (Thx to Aulia Laratika yang udah menampung kita), hari Selasa langsung berangkat ke Jakarta untuk menukar voucher dengan tiket.

Hari Selasa sekitar pukul 10.00 kami (Gw,Aulia, Ai, Litha, dan Amy) berangkat dari Cileunyi ke Jakarta menggunakan bus Primajasa. Then, from busway to busway tentunya. Cukup menguras tenaga lah, soalnya berdiri terus dan memang kebetulan belum makan. Mendekati shelter terakhir (Manggarai), jalanan macet. Awalnya kita pikir macet biasa, karena volume kendaraan, lampu merah atau apalah. Ternyata…karena antrian panjang di Rajakarcis. Sebenernya pagi itu gw udah baca twitnya si Pandji kalo Manggarai macet, tapi gak percaya-peracaya amat. Setelah gw menyaksikan sendiri…Yah, that was true. Antrian yang sangat panjang di depan outlet Rajakarcis. Meluber-luber sampai ke jalanan. Untungnya sih rapih dan teratur. Melihat antrian yang luar biasa itu akhirnya kita memutuskan untuk makan dulu di mall terdekat. Musti ngerecharge guys, kalo gak bisa collapse juga tuh.

Selesai makan, kita mulai ngantri. Awalnya kita paling belakang. Tiba-tiba antrian di belakang kita memanjang dan makin panjang. Banyak kejadian lucu waktu ngantri. Mulai dari celetukan seorang supir kopaja yang bilang “Itu.., konser pilem Jepang” ketika ditanya temennya. Sampai orang-orang yang tiba-tiba kepo ngeliat antrian sepanjang itu. Banyak sekali yang menghentikan motor dan bertanya “Ini antrian buat apa yah?”. Kalau kita jawab “Konser Laruku Pak/BuK”. Maka mereka akan bilang “Yang dari Korea yah?”, hahahaha. Ibuk-ibuk yang ngantri dibelakang gw aja sampe bilang “Saya tersinggung Laruku dibilang dari Korea”.

Salah satu pengantri tertangkap kamera sedang menulis. Kita pikir sedang belajar, soalnya serius sekali dan kebetulan dia memakai seragam STIS. Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata orang ini sedang menggambar. Komik tepatnya. Memang berjodoh, si cowok ngajak ngobrol waktu nunggu nomor antrian. Yes, ternyata cowok yang bernama Faris ini memang komikus. Gw dan Aulia sempat ngobrol banyak dengannya. Lucu juga waktu dia kaget mengetahui gw jauh-jauh datang dari Padang. Hehehe, gak kamu aja Mas, hampir semua orang yang tahu kalo gw dari Padang pasti kaget.

Saat ngantri itu kita ngobrol sama Cielers yang datang dari berbagai kota. Hari itu gw sempat bikin status di Fesbuk “Gw berani bilang kalo yang ngantri tiket Laruku gak ada yang alay atau ababil”. It’s a fact. Kebanyakan memang anak kuliah dan lebih banyak lagi mas-mas/mbak-mbak yang udah kerja. As you know, penantian selama 10 tahun lebih loh. Wajar kalo penggemar Laruku adalah orang-orang yang gw bilang “udah mature”, hehehe.

Malam itu sekitar pukul 19.00 kita dapat tiketnya. Lalu menggunakan taxi kita menuju rumah Kak Ken di Jaktim. Thx to him, malam-malam di Jakarta kita gak terlunta-lunta ^ ^

L`arc en Ciel World Tour Jakarta- Light My Fire! -Part 2-

Rabu, 2 Mei 2012 –THE DAY!!!

Kita berangkat dari rumah Kak Ken sekitar pukul 08.30. Tujuan pertama sebelum ke Senayan adalah Mangga Dua, mencari pesenen wig temen-temen yang akan cosplay. Sungguh sayang, wignya gak ketemu. Setelah ngisi perut di D`cost, kita berangkat ke Senayan. As you know…its Jekaardaaahhh…..traffic jam waiting. Walopun menggunakan busway, macet gak bisa dielakkan. Apalagi jalan sempat ditutup karena rombongan mobil jenazah Ibu Menkes lewat. Lalu kecelakaan bus dengan sepeda motor di salah satu titik. Deg-degan banget takut telat masuk gate dan kehabisan merchandise.

Sesampai di GBK, kita menyaksikan ribuan manusia sedang berjubel di depan gate. Yang lainnya berdiri atau duduk santai di depan trotoar. Kita sendiri nyasar nyari lapangan B tempat Kak Ken dan Afdhal menanti. Lapangan B itu letaknya dsebelah kiri gate 1, kita malah nyasar jauh ke kanan, hahaha.

Akhirnya anak-anak Cielers Padang ngumpul di Lapangan B. Ngantri merch, ketemu anak LI yang minta tanda tangan, diwawancara anak IPB, ngeliat personil Kabuki Clash dan Wasabi. Akhirnya kita ngantri masuk gate 1. Antrian panjang tapi gak rapih, hehehe. I can`t comment about this. Tepat di pemeriksaan pertama, gw kaget. Botol gak boleh masuk kan, jadinya musti ditinggal di sana. Gak ada tempat sampah, jadi botol-botol bertebaran di mana-mana. Malunya…ckckck.

Sebelum masuk ke gate 2, kita istirahat dulu di venue deket welcoming stage. Harga makanan naik secara drastis dan luar biasa. Fresti aja 20ribu cynnn~. Gw gak makan, cuman minum doang dikasih Litha. Sebelumnya sempetin beli Eco Bag yang kehabisan di Lapangan B. Moment sebelum masuk gate 2 ini, kita ketemu lagi sama mbak-mbak yang ngantri di RK sehari sebelumnya. Kali ini dia bersama dua orang teman lainnya. Kita bikin lingkaran dan ngoborl-ngobrol ringan. Oiya, kala duduk-duduk santai ini si Litha histeris “Kak artis kak!” Gw celingak-celinguk ternyata keliatan si Fedy Nurul dan kawan-kawannya.

FYI, sore itu langit bikin galau para Cielers. Petir gede sodara-sodari. Titik-titik hujan jatuh beberapa kali. Kita cuman bisa berdoa semoga gak hujan gede.

Okeh, next…ngantri gate 2. Kali ini antriannya puannjaaaaangggggg dan berliku-liku seperti ular. Sayang sekali promotor gak mikirin cara efektif buat antrian di gate dua. Gak ngerti juga, apa karena outdoor kali yah?. Bayangin aja ribuan orang ngantri panjang berliku-liku menuju entrance masing-masing. Udah keliatan gerbangnya, ternyata musti jalan lagi jauh kebelakang. Dan…gak ada linenya. Jadi kita bingung harus jalan kemana. Satu-satunya cara yah ngikutin orang di depan. Saat ngantri ini gw sempet tiduran di bahu Litha. Sempat bilang “ Kita beneran kayak tawaf yah, sekarang yang tinggal cuman Labbaik Kallah Humma Labbaik….”. Becanda ding ^ ^. Yang ngantri macam-macam, ada orang Jawa, orang Sunda, Bule- bule, Nihonjin, Ibu-ibu, Bapak-bapak, bahkan Opa-opa yang rambutnya udah memutih ^ ^.

Yay, akhirnya sampai di heavens door! Setelah dikasih gelang, kita ngambil tempat berdiri yang pewe. Kita memposisikan diri di kanan stage agak di tengah. Susah juga nyari posisi buat gw yang pendek ini….Orang-orang di depan kenapa tinggi semua…hhhh.

Kita menunggu Laruku keluar sekitar 20 menit. Diiringi teriakan Larc en Ciel! Larc en Ciel! Larc en Ciel!, yang keluar cuman staff yang ngurusin panggung. Walo cuman staff tetep diteriakin sama penonton, hehehe.

Beberapa menit menjelang konser dimulai, ada pengumuman yang bikin galau. Dari stage, suara mas-mas ngomong kalo seandainya hujan petir maka konser akan dihentikan hingga bisa dilanjutkan lagi. Tentu aja disambut dengan teriakan uuuuu dari penonton.

Penantian konser dimulai itu rasanya lamaaa sekali. Kita berkali-kali ngeliat jam. Orang-orang disekililing kita juga udah ribut “Jam lu jalan gak sih, dari tadi kok masih setengah jam lagi terus?!”.

Nah, tepat jam 8 malam (tepat jam 8!) lampu sekitar lapangan mati. LED stage dan layar gede di kiri kanan hidup. Di layar kita menyaksikan video opening world tour. Gosh, the firs time, the firs moment, gw excited mendekati hyper!

Oke, lagu pertama…IBARA NO NAMIDA. Suara gitar Ken dan senar drum Yuki mengawali…My favourite song on the beginning. Di awal ini gw sempat bilang ke Aulia,”Kok soundnya jelek yah Li?Kek kerupuk”. Ternyata cuman perasaan gw aja, soalnya di recording pun emang kek gitu suaranya. Tapi namanya lagu pertama, Haido masih pemanasan, jadi masih kurang stabil. Dan di lagu ini semua orang udah mule nyanyi bareng.

Baidewei aniwei baswei (Ala Ken XD) gw cuman bisa lyat mereka dari layar. Soalnya yang di depan gw pada tinggi semua..apalagi bapak-bapak yang berdiri tepat di depan gw. ARGHHH….Eh tapi walopun gw paksain dengan mendongak dan menjinjit ato loncat-loncat, tetep aja gw cuma bisa lyat mereka segede jempol -_-

Lagu kedua…CHASE!!! Benar sekali prediksi Neng Mochi…tepat setelah lirik pertama “Calling…” semua orang teriak AAAAAA!!!!. Seru banget ngechant “HIGH SPEED UP!” sambil loncat-loncat. Aniwei lagi, waktu lagu ini keluar gw gak terlalu ngeh. Tapi saat live, lagu ini jadi keren banget di telinga gw. Kerennya nambah 1000 kali lipat, hahaha.

Lagu ketiga…Good Luck My Way. Jujur, gw jarang denger lagu ini sehari-hari. Makanya gak hapal-hapal amat. Tapi karena yang jadi leadernya Haido sendiri, gw ikutan nyanyi. Walo cuma murmur dan teriak di bagian good luck my waynya doang, hahaha.

Setelah itu….Haido MC!! “Halo Jakarta. Kami Larc en Ciel. Kalian senang bertemu aku?aku?Aku juga..Jakarta, selamat menikmati”. Di telinga gw, selamat menikmati terdengar seperti suramatikumandi XDD. Tapi salut banget sama Haido yang give so much effort untuk berbahasa Indonesia.

Next, HONEY! Siapa yang gak hafal lagu ini? Semuanya bernyanyi mengiringi Mr. Vocalist. Light stick in the air…

Selanjutnya Drink It Down, ost. Devil May Cry ini sukses bikin penonton jingkrak2, loncat-loncat, ngechant…Walopun Kak Ken gak ngeh ini lagu apa, hehehe

Next, my favourite…REVELATION! Kenapa favorit? Karena lagu ini diawali dengan solo drum Yuki diiringi teriakan OOIII!! OIII! penonton. Di sela-sela lagu penonton juga bernafsu teriak OII! Sugeeee…..Gw aja sampe kalap keluarin teriakan sekenceng-kencengnya walo lagi dehidrasi to de max.

Next…garau session. Hitomi no Juunin. Hyde memakai topi dan nyanyi sambil duduk. Nah, sebenernya jau-jauh hari anak-anak LI udah wanti-wanti untuk gak ikut nyanyi saat lagu ballad. Tapi namanya juga terbawa suasana, semuanya nyanyiii….termasuk gw. Lagu ini kalo gak hapal kebangetan namanya, hehehe

Next…XXX-eng Vers. Ini lagu perpaduan Rock dan RnB yang terasa sangat sexy malam itu. Goyangan Haido yang khas mengiringi lirik-lirik seksi XXX. Walopun full Inggris, tapi pronounce Haido bagus 🙂

Selanjutnya Fate. Lagu yang kita semua lupa judulnya..”Ini lagu apa?” Walaupun hapal, tapi judulnya lupa, hahahaha.

Forbidden Lover, air mata sang vokalis mengalir. Pengen nangis juga rasanya, touching banget. Gw gak tau kenapa dya nangis. Tapi yang pasti gw langsung berbisik ke Uli “ Haido nangis pasti karna inget cinta terlarangnya sama Gaku, hahaha”. But, Mr. Hyde, i`ll never forget the moment you shed a tears.

Lagu selanjutnya, another middle high…My heart Draws A Dream. Dimulai dengan solo Ken yang menyayat jiwa (sumpah gw gak lebay), lalu bagian Yume wo egaku yo yang membahana di lapangan D…Satu-satunya hal yang gw pikirkan adalah “DREAMS COME TRUE”. For some reasons, this song tell us to never give up and dare to dreaming. I promise something to myself.

Lalu tibalah saatnya, lawakan abad ini by MC KEN! “Mangtap!Kami Larc en Ciel. Gue kemaren foto di Kota Tua. Fotonya keren banget”.

“Jakarta tuh panas gila ya? Makanya gue berenang. Pengennya sih sama cewek-cewek pakai bikini, Cuma nasib adanya gue dan temang-temang gue. Hari ini ada yang pake bikini gak???” Gw dan Uli langsung teriak GUE GUE GUE!!!!XDD

Lalu dilanjutkan dengan dagelannya tentang rasa nasi goreng yang gokil dan beli oleh-oleh di Pasaraya. Gw pikir beli cabe, ternyata beli gamelan dan wayang, hahaha. Haido kyut banget waktu nyobain suling, its totally failed Mr. Hyde ^ ^

Diantara semua kata-kata yang di ucapkan gitaris ecchi itu, yang paling berkesan tentu saja…MANG MANG! TAB TAB! MANG MANG MANG! TAB TAB TAB! MANG MANG MANG MANG MANG….TABTABTABTABTABTAB!!!

Yes, next song are SEVENTH HEAVEN and DRIVERS HIGH!. Why the hell Haido choooo smexy during SEVENTH HEAVEN!???? Dan saat Drivers High Haido nyodorin microphone ke kita. GREAT! BAIT PERTAMA! Dia bener-bener percayain kita buat nyanyiin lagu itu…Bagian CLASH! FLASH! Sukses bikin gw loncat setinggi-tingginya. Rasa-rasanya kaki gw udah dipasangan per, hehehe

Next, solo bass Tetsu bentar pake pisang. Lanjut Stay Away. Seharusnya dibagian ini kita ngikutin gerakan dance di layar, tapi keterbatasan tempat gak memungkinkan. Tapi yang pasti kita tetep nyanyi bareng dan tepuk tangan ngiringin drum Yuki.

Ready Steady Go setelahnya. Penonton kompak banget nayanyi bareng dan teriak READY STEADY GOOOOO!!! Eh ada yang lucu pas bagian ini. Ternyata ada kesalahan penulisan di layar LED. Bukannya STEADY malah STERDY XDD Yang nyadar sih cuman Farras, soalnya kita sibuk loncat-loncat.

Lalu istirahat beberapa menit. Gw sempat lari-larian di tempat gw berdiri karena tiba-tiba space gw jadi lapang sekitar satu meter, hahahaha. Waktu istirahat ini juga si Litha nyuruh lyat ke belakang, ternyata ada Arie Untung dan istrinya.

Next, moment paling mengharukan..Sebelum lagu Anata..gerimis turun. Lighting dari panggung yang memperjelas rintik-rintik hujan turun. Tiba-tiba dari stage keluar tulisan “Mune ni itsuno hi ni mo kagayaku, anata ga iru kara. Namida kare hatete-mo taisetsuna anata gak iru kara”. Maka terbentuklah koor lagu Anata…Banyak yang nangis termasuk Talitha dan Aulia. Gw rasanya hanyut banget, gak mau momen itu berakhir. Gerimis romantis bikin tambah hangat suasana. Haido nyanyi dengan beberapa cengkok berbeda dari recording di beberapa bait. Nice…hontou ni.

Next, lagu yang paling gw tunggu-tunggu. The 4th Avenue Café! Gw pikir Indonesia gak akan kebagian karna sebelumnya di Singapore udah, ternyata kebagian juga. Semua penonton hapal liriknya sodara-sodara…!!!!!

Dan lagu…LINK. “Oboete iru kai…osanai koro kara…” Semua bernyanyi….berloncat kompak saat reffrain “tatoe haruka tooku….”. Tidak lupa tepukan tangan mengiringi bass Tetsu di tengah lagu.

Selanjutnya Tetsu MC! Bagian paling epic dari semua MC! “GUA SUJU DARI KOREA” huahahahaha, ngena banget gak tuh…Gw langsung kepikiran sama wartawan Tribun News yang bikin berita ngasal tentang Laruku waktu itu. Setelah Tetsu ngomong itu..penonton langsung berkoor “chigauuuuu”

“SUARANYA MARA? APAKAH KAMU MAU PISANG GUE?ATAU KAMU MAU JILAT LOLIPOP…..GUE???” WAAAAAAAAA……HONTOU NI RIIDA SAMA!!! Lebih ecchi dari Ken, hahahha. Trus, Tetsu lempar-lempar pisang dan lolipop ke penonton.

Lalu Haido mengucapkan “TERIMA KASIH CHUU, MUACH!” Lumer gilakkkk….

“KAMU SENANG?AKU JUGA.KAMI DATANG KE INDONESIA LAGI. TERIMA KASIH. INI LAGU TERAKHIR”

Gw langsung teriak, haaaa lagu terakhirrr??? Gilak, udah 18 lagu gw rasanya baru 10 lagu. Bener-bener gak puas….Lagu terakhir, Niji. Bulu-bulu beterbangan….lagu penutup yang sangat dramatis untuk konser yang luar biasa ini.

Lalu konser selese…ditutup dengan bagi-bagi pisang dan lolipopnya Tetsu..Nah, seharusnya kita nyanyi BLESS. Setelah bunyi peluit, tiba-tiba ada alunan musik lagi dari stage. Project BLESS kali ini bisa dibilang gagal. Tapi rombongan kita gak mau kehilangan momen yang udah direncanain. Makanya kita mulai nyanyi dan premium bagian kanan pun bernyayi…”kimi e to…yume wa ima….”

Hingga konser bener-bener berakhir. Sadiaaahh….hahaha.

Untuk penantian 12 tahun, konser kali ini gak akan terlupakan. Mungkin bagi sebagian orang stagenya gak memuaskan, kurang tinggi, sound kurang bagus, etc. Buat gw, as long as Laruku, semuanya gak masalah. Performance all out yang dijanjikan Haido udah dibuktikannya. I love every second. I EVEN MISSED THEM ALREADY!!!!

Trivia:

  1. Ada sebuah adegan Ken main-mainin ritsleting celananya XD
  2. Gw baru nyadar kalo Ken make batik di tengah-tengah konser
  3. HYDE`S NIPPLE GOING AROUND! SO STUNNING!! WAHAHAHAHA. Kak Ken sampe malu gitu ngeliatnya. Si Farras yang mau bisikin kalo nipple Haido keliatan kepalanya sampe kejedug kepala gw XD
  4. Aulia seru banget niruin gerakan body movingnya Haido.
  5. Hanya sedikit Bahasa Jepang sepanjang konser, seperti aa..chigau, kaminari no koe mitai, dan matta ne (khasnya Tetsu).
  6. Bapak-bapak yang berdiri disebelah gw sepertinya adalah pawang hujan. Soalnya dia sering komat-kamit gak jelas XD
  7. Rombongan Cielers Padang adalah chant leader premium sebelah kanan. Kalo kita teriak OII! Orang-orang ngikutin…kita teriak BLURRY EYES! Pada ngikutin…Kita nyanyi BLESS, yang lain ngikutin…
  8. Saat konser berlangsung, entah di lagu apa..tiba-tiba Kak Ken menghilang dan muncul dengan membawa dua botol air mineral! Misterius sekali…entah darimana datangnya.
  9. Selese konser si Talitha berniat ngumpulin bulu-bulu yang bertebangan saat Niji. Si Faras malah ngasih batu Lapangan D buat souvenir, si Aulia ngumpulin receh XD
  10. Sebelum konser, Ai yang berdiri di reguler dipeluk sama cowok dari belakang o_O Tasnya juga putus saat menyelamatkan diri ke belakang.
  11. Selese konser kita di wawancara Jakarta Post, si Farras promosiin Akamaru ^ ^. Sampai saat ini gw gak tau apakah artikelnya ada ato gak, hehehe
Leave a Reply

