Indonesia · review

Distance : Cara Menikmati LDR Ala Asteriska

Music is my inspiration, music is my release, i want to share that with everyone. I want to make it contagious.”

Cabrini Asteriska Widiantini, lahir 6 Maret 1988. Ia adalah salah seorang vokalis band yang baru saja merilis album berjudul Taifun, BARASUARA. Sebelum bergabung bersama BARASUARA, ia terlebih dahulu dikenal sebagai penyanyi solo di kalangan penikmat musik indie di Jakarta. Pada tanggal 7 Agustus 2015 lalu, Asteriska merilis album solo perdananya yang berjudul Distance.

Kisah hubungan jarak jauh, yang diramu dalam musik pop-folk-ballad adalah materi yang ditawarkan album ini. Mengutip salah satu cuitannya di twitter “I love when people think about the beauty of sadness…” seperti itulah nuansa yang diberikan oleh keseluruhan album ini. Bayangkan musim hujan di bulan November, memikirkan kekasih nan jauh di sana, lalu terbuai dalam indahnya kesedihan..

Terdapat 8 lagu dalam album yang diproduseri oleh Asteriska dan Dillan Cohen ini. He Stays Up All Night merupakan lagu pembuka berdurasi 1 detik 38 menit. Tidak ada instrumen yang mengiringi lagu ini, hanya suara Asteriska yang mengalun jernih. Lagu kedua merupakan lagu andalan dari album ini, Distance. Seperti judulnya, Distance menceritakan tentang suka duka menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Bagi mereka yang sedang menjalani hubungan jarak jauh pastilah akan merasa mellow seketika saat mendengarkannya.

Lagu selanjutnya berjudul Mr. Blue. Meskipun bernuansa riang namun lagu ini menceritakan tentang kisah one-sided love. Sebagai satu-satunya lagu up-beat, lagu ini dipermanis dengan instrumen tamborin dan floor drum yang diisi oleh Asteriska sendiri. Di lagu keempat, Story On An Island, penyanyi yang kerap meng-cover lagu The Beatles ini berkolaborasi dengan Dwinanda Aldyan. Lagu ini masih bercerita tentang pasangan yang terpisah karena jarak.

Farewell To You(th) menjadi lagu kelima di album yang diproduksi oleh Demajors ini. Menurut saya, Farewell To You(th) merupakan lagu yang paling sedih di album Distance. Liriknya mengisahkan tentang perpisahan dengan sang kekasih. Lagu ini makin terasa menyanyat jiwa karena hanya diiringi oleh piano (diisi oleh Puti Chitara).

Setelah bercerita tentang perpisahan dengan sang kekasih di lagu Farewell To You(th), Asteriska lalu menumpahkan kesedihan yang tak kunjung usai di lagu Sad November. Saat mendengarkan lagu ini, saya selalu membayangkan sebuah situasi di mana seorang penyanyi folk bernyanyi di tengah-tengah sekumpulan orang saat musim dingin di Irlandia.

Lagu berikutnya berjudul Secret Getaway, lagu favorit saya diantara semua lagu di album Distance. Seperti lelah larut dalam kesedihan, Asteriska memutuskan untuk berpetualang, tersesat, lalu jatuh cinta lagi. Instrumen yang mengiringi Secret Getaway lebih banyak diantara lagu-lagu lain (gitar akustik, gitar elektrik, bass, trumpet, dan perkusi).

Sebagai penutup, Asteriska mempersembahkan sebuah lagu berbahasa prancis nan manis berjudul Que Je T’aime. Ia mendedikasikan lagu ini bagi Simon Toulouse, temannya yang telah membantu Asteriska menulis lagu ini dalam bahasa prancis. Simon Toulouse sendiri telah meninggal bulan November tahun lalu dalam sebuah kecelakaan mobil di Israel.

Bagi saya, album Distance bukanlah album yang akan didengarkan sepintas lalu ditinggalkan. Semua lagu di album ini memberikan kesan mendalam. Selain karena vokalnya yang terdengar sangat klasik (mengingatkan saya pada Nana Mouskouri), Asteriska juga memiliki musikalitas di atas rata-rata. Ia mampu membawa setiap lagunya kedalam suasana penuh penghayatan, hingga kisah cinta biasa sekalipun menjadi luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s