opini · theme

Selamat Hari Musik Nasional

Mungkin saya termasuk kedalam sedikit orang yang berani berkata bahwa musik Indonesia itu keren. Saya sendiri bukannya benar-benar tahu segala macam genre musik, semua musisi dan seluk beluk scene musik Indonesia. Setidaknya kesetiaan saya untuk selalu mencari tahu, mengenal, dan mulai mendengarkan musik Indonesia-lah yang membuat saya berani berkata bahwa musik Indonesia keren.

Jika menelisik jauh ke belakang sebelum era digital seperti saat ini, kita mengetahui bahwa musik Indonesia berkembang dengan caranya sendiri. Banyak musisi legendaris yang terlahir di era 70-90an, hingga memasuki masa transisi menuju era digital di era 2000an. Namun bagi sebagian orang musik Indonesia mengalami kemunduran di sekitar tahun 2004 saat boomingnya genre pop melayu. Namun bagi saya invasi pop melayu bukanlah sebuah kemunduran, hanya menambah warna genre musik Indonesia yang telah ada. Bahkan terkadang saya bersyukur dengan keberadaan band-band pengusung genre ini, karena setelahnya banyak musisi yang menciptakan lagu-lagu bagus dengan berbagai macam aliran musik. Saya menyebutnya balas dendam yang positif.

Saya tidak terlalu mendalami musik Indonesia sebelum era 90-an, hanya sesekali mendengarkan lagu kesukaan papa seperti D’Lloyd atau Pance F. Pondang. Beruntungnya saya lahir dan tumbuh di awal tahun 90 pada masa musik Indonesia sedang berkembang pesat. Saya masih ingat radio lokal yang selalu saya putar sepanjang waktu hingga bisa menghapal hampir semua lagu yang saya dengar saat itu. Saya masih ingat kaset-kaset yang dibawa pulang kakak perempuan saya sepulang sekolah (kaset yang bisa dibeli secara kredit dari temannya). Sheila on 7, Padi, Dewa 19, Rio Febrian, Warna, Potret, Audi, Kahitna, Titi Dj,Element, Ari Lasso, Jikustik, dll. Sebagian dari kaset ini masih saya simpan, sebagian lagi dipinjam dan tidak pernah kembali. Saat SMP saya mengenal Mocca sebagai perkenalan saya dengan musisi indie Indonesia saat itu. Dan seingat saya, sebelum masa kaset benar-benar berakhir saya masih membeli dua album pertama Maliq’n The Essential.

Bagaimana dengan musik Indonesia saat ini? Saya sanggup menjamin bahwa perkembangan musik Indonesia saat ini sangat berkembang pesat terlepas dari faktor industri mainstream atau independen. Kemajuan teknologi menjadi faktor pendukung terbesar. Semua orang bisa membuat musik dengan berbagai macam genre dan bisa mempromosikan diri mereka sendiri. Akses bagi para pecinta musik untuk mencari tahu tentang musik terbaru juga sangat banyak. Beberapa stasiun tv juga sudah mulai membuat acara musik yang benar-benar membahas musik. Dan yang terpenting, konser-konser besar ataupun gig kecil tidak pernah sepi pengunjung.

_SAM5913

Tidak bisa dipungkiri bahwa musik Indonesia yang saya dengarkan saat ini kebanyakan dari label indie. Salah satu alasannya adalah karena mereka memiliki musikalitas yang bagus dengan idealisme bermusik yang kuat. Selain itu, mudahnya akses untuk menikmati musik mereka juga membuat saya selalu penasaran mencari tahu. Sebut saja Youtube, Soundcloud, dan 8tracks yang sangat berjasa untuk mempromosikan lagu-lagu mereka. Dan seringkali beberapa musisi dengan murah hati memberikan lagu mereka secara cuma-cuma.

Namun, bagi saya musik bagus tidak melulu indie karena tidak semua musik indie yang bagus (bagus di telinga saya tentu sifatnya relatif). Begitu pula, tidak semuanya musik dari scene mainstream itu membosankan. Mari memulai untuk tidak mengkotak-kotakkan musik dan mari melihat (atau mendengar) lebih dekat.

Akhir kata, semoga musik Indonesia semakin maju, berani, dan mengedukasi. Selamat Hari Musik Nasional!

Leave a Reply

