music · opini · song

10 Lagu L`Arc~en~Ciel Favorit

L’Arc~en~Ciel is forever. Itulah hasil percakapan saya dengan seorang teman kemarin malam saat mengenang lagu-lagu lama L’Arc~en~Ciel di festival Ai Matsuri. Banyak musik baru yang datang dan pergi, namun band Jepang ini selalu menemani hari-hari kami setiap hari. Karena mendengarkannya hampir setengah rentang kehidupan, bisa dibilang kami tumbuh bersama musik L’Arc~en~Ciel.

laruku

Sudah lama saya memiliki keinginan untuk menulis 10 lagu Laruku terfavorit. Namun setiap kali saya memulai menuliskannya, selalu berakhir dengan kebingungan karena saya menyukai hampir seluruh lagu Laruku. Jika saya membuat list 10 lagu Laruku favorit saat ini, mungkin akan berbeda dengan 5 atau 6 tahun lalu saat saya masih sangat menggemari musik rock. Jika membaca list lagu berikut ini mungkin akan berbeda jika saya menulis lagi dua tahun mendatang. Ya, karena saya menyukai hampir seluruh lagu band asal Osaka ini.

Oke, here we go, sepuluh lagu L`Arc~en~Ciel favorit:

1. Bravery (Real, 2000)

Lagu Laruku paling emosional (dalam artian sesungguhnya). Ekspresi kemarahan dan kekecewaan jelas tercermin dari lagu yang diciptakan oleh Tetsu ini. Semua fans Laruku pasti tahu bahwa lagu ini diciptakan setelah Sakura tersangkut masalah penyalahgunaan obat terlarang. Bravery adalah bentuk kekecewaan Tetsu terhadap Sakura dan fans yang men-judge mereka dengan membabi buta.

Always talking about how good the past is
What do you see in your eyes?
You thought that you have seen everything
How can you understand everything, when you have only seen the surface
The truth will be never shared to anyone!

Mungkin Bravery bukan lagu yang populer dan jarang dibawakan Laruku saat live, namun saya sangat menyukai lagu ini. Bukan hanya karena liriknya, namun juga karena aransemennya yang tidak biasa dan vokal hyde yang powerful.

2. Hitomi No Jyuunin (Smile, 2004)

Sangat mudah jatuh cinta dengan lagu yang ditulis oleh hyde ini. Hitomi no Jyuunin adalah lagu ballad yang terdengar manis namun mengharu biru. Hal yang paling menarik dari lagu ini adalah kualitas vokal sang vokalis yang sangat mumpuni, bernyanyi dari nada normal hingga falsetto yang sangat khas. Saya juga sangat menyukai bagian solo gitar Ken di lagu ini.

3. Nemuri Ni Yosete (Tierra, 1994)

Nemuri Ni Yosete adalah lagu Laruku yang beraliran jazz dan rock di saat bersamaan. Di awal lagu kita akan mendengarkan jazz, menuju reffrain lagu berubah menjadi rock, dan kembali jazzy. Mendengarkan Nemuri Ni Yosete seperti menelisik ciri khas lagu-lagu Laruku di awal band ini terbentuk. Dan seperti lagu-lagu yang diciptakan oleh hyde, lirik lagu ini sangat puitis.

4. Niji (Heart, 1998)

Pada fase ini, Laruku masih menciptakan lagu-lagu yang bernuansa kelam dengan video klip artistik dan absurd. Lirik lagu yang sepertinya hanya dimengerti oleh sang pencipta lagu (hyde), terkesan desperate dan menyedihkan. Lagu ini merupakan debut Yukihiro sebagai drummer menggantikan Sakura.

5. Bless (Single (2010),Butterfly (2012))

Tidak ada yang bisa meragukan kemampuan Laruku dalam menciptakan lagu ballad, terutama sang vokalis hyde. Pertama kali teaser single ke-37 ini keluar di tahun 2010, saya mengulangnya berpuluh-puluh kali berhari-hari. Bless adalah lagu pop yang dibalut dengan orkestra yang sangat menawan. Pada fase ini, Laruku telah beranjak menjadi band yang menciptakan lagu yang humanis dan memotivasi.

6. Pieces (Ark, 1999)

Pieces adalah lagu yang berkisah tentang merelakan orang yang dicintai. Sedih bukan? Tidak hanya liriknya yang menyedihkan, namun juga aransemen dan cara hyde bernyanyi yang membuat lagu ini semakin mellow. Emm, jangan lupakan video klipnya yang juga menyedihkan dan tragis.

7. Ready Steady Go (Smile, 2004)

Jika harus memilih album mana yang paling saya sukai dari 12 album Laruku, pasti saya akan memilih Smile. Hampir seluruh lagu di album ini berkesan di benak saya, salah satunya adalah Ready Steady Go. Musiknya yang segar, dengan tempo yang up-beat dan ceria menjadikan lagu ini sebagai lagu yang sangat mudah disukai. Bagi saya, lagu ini sangat cocok didengarkan untuk mengawali hari atau saat lari pagi.

8. Ibara No Namida (Ray, 1999)

Sepintas lagu rock ini memiliki ambience yang mirip dengan Bravery. Psychedelic rock yang emosional walaupun liriknya sendiri sangat puitis. Selain aransemennya yang keren, saya menyukai vokal hyde yang dapat menjangkau nada-nada tinggi dengan baik. Satu kata yang mungkin dapat menggambarkan lagu ini : membara.

9. Caress Of Venus (True, 1996)

Apa yang menjadi ciri khas lagu ini? Tentu saja intro dan ketukan disco yang dinamis. Mendengarkan Caress Of Venus membuat kita ingin bergoyang mengikuti irama lagunya. Liriknya menceritakan tentang kekaguman terhadap sang kekasih.

Your laughter makes me happy
Even if there is no tomorrow, I don’t care

10. Time Goes On (Smile, 2004)

Lagu dengan durasi 4.44 ini diciptakan oleh Tetsu. Seperti judulnya, Time Goes On adalah lagu ballad yang menceritakan tentang perpisahan. Sebaiknya tidak mendengarkan lagu ini saat patah hati atau ditinggalkan kekasih. Bagi saya, lagu ini adalah salah satu lagu yang membuat saya jatuh cinta dengan L`Arc~en~Ciel.

One thought on “10 Lagu L`Arc~en~Ciel Favorit

  1. Betul sekali… Semua lagu laruku itu adalah favorit…πŸ˜„
    Lagu favorit dari semua lagu laruku bagiku adalah hitomi no jyuunin…
    Pertama kali lihat mv laruku itu stay away… 😲😲 specless liatnya… πŸ˜… Walopun udah sering dengar lagu2nya d radio, terutama kalo nonton samurai x..😁😁

Leave a Reply

