Maghriza Novita Syahti Tentang Playlist Favoritnya

332039_358689714149239_1519071971_oMaghriza Novita Syahti adalah salah satu penulis cerpen berbakat yang lahir di Kota Padang. Berbagai prestasi telah diraih mahasiswa magister profesi Psikologi UGM ini. Salah satunya adalah Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Remaja Tingkat Nasional (LMCR) tahun 2008. Di tahun berikutnya ia memperoleh juara ke-tiga pada ajang yang sama. Prestasi ini telah mengantarkan Opie (sapaan akrabnya) sebagai salah satu pembicara pada ajang Ubud Writer Festival di tahun 2010.

Karya-karya penulis beraliran surealis ini telah dimuat di berbagai media. Diantaranya surat kabar Singgalang, Padang Ekspres, Riau Pos, dan Majalah Story. Selain itu, cerpen karangannya juga diterbitkan dalam buku antologi. “Tiga Perempuan Dalam Hitam” adalah judul cerpen yang masuk dalam buku UWRF 2010, Bhinneka Tunggal Ika (Harmony In Diversity). Di tahun 2012, cerpen berjudul “Perempuan Hujan dan Lelaki Pasir” ikut serta dalam buku antologi Akar Anak Tebu.

Dihubungi melalui surat elektronik, dara kelahiran 5 November 1989 ini bercerita tentang kecintaannya pada musik. Sebagai seorang penulis cerpen, ia kerap terinspirasi oleh sebuah lagu. “Terkadang, mendengar lagu dapat menstimulasi dalam menulis cerpen. Entah itu menginspirasi, entah mengondisikan diri untuk dapat merasai emosi dalam cerita yang sedang ditulis. Bahkan, saya pernah menuliskan cerpen berdasarkan sebuah lagu” jelasnya lebih jauh.

Baginya, lagu dan cerpen memiliki banyak kesamaan. “Kreativitas, imajinasi, dapat dinikmati. Ketika menulis cerpen, ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan. Entahlah dengan si penulis dan pencipta lagu”. Uniknya, saat menulis cerpen ia tidak bisa mendengarkan lagu. “Tapi seringkali sebelum menulis cerpen ataupun sedang jeda menulis cerpen saya selalu mendengarkan lagu”, imbuhnya.

Saat ditanyakan tentang aliran musik favoritnya, Opie menjelaskan bahwa ia tidak memiliki satu aliran musik favorit. “Entah lah alirannya, asal saya bisa menikmati lagunya, saya suka, dan tidak ada tendensi aliran musik”. Lalu siapakah musisi yang selalu ia ikuti karya-karyanya? “Kalau yang dari awal ya Tulus. Selain itu ada Kahitna, Andien, Backstreet Boys, Mariah Carey, dan John Legend” ujarnya mengakhiri percakapan.

Sekarang, mari kita simak daftar putar lagu-lagu favoritnya:

  •  Blue Sky Collapse – Adithia Sofyan

“Mendengarkan lagu ini merupakan salah satu cara melepaskan rindu yang tak kunjung usai”‘

  • Gravity-Sara Bareilles

“Lagu ini merupakan salah satu lagu yang belum bosan didengar berkali-kali selain Ordinary People nya John Legend”.

  •  Love Song-Adele

“Selalu berhasil mengkondisikan saya untuk merasai jatuh cinta. Love Song, my lovely love song“.

  •  Back At One-Brian Mc Knight

“Ini lagu cinta yang romantisnya cerdas. Hehe”.

  •  Love Foolosophy-Jamiroquai-

“Lagu ini bikin semangat dan dilarang mendengarkannya menjelang tidur karena ia akan membuatmu seperti baru saja terjaga pagi-pagi buta”.

  • Waktu-Glenn Fredly&Dira Sugandi, Riefka Rachman Experience

“Dua penyanyi favorit saya dalam satu lagu itu seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula”.

  • Good Morning-John Legend

“Lagu ini identik dengan Sabtu dan Minggu pagi sembari bermalas-malasan dan menyeruput segelas susu coklat hangat, ada John Legend yang mengucapkan good morning“.

  •  Almost is Never Enough-Ariana Grande&Nathan Keyes-

“Judulnya wise, lagunya romance

  • Still A Friend of Mine-Incognito

“Pemicu rindu pada teman-teman terbaik dalam hidup saya”.

  •  Overjoyed-Stevie Wonder-

“Lagu ini membuat saya jatuh cinta pada pendengaran pertama”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s