music · song · theme

Moon River and Me

Moon river wider than a mile
I’m crossing you in style someday
You dream maker, you heartbreaker
Wherever you’re going I’m going your way

Two drifters off to see the world
There’s such a lot of world to see
We’re after the same rainbow’s end
Waiting ’round the bend
My huckleberry friend, moon river and me

(Moon River ditulis pada tahun 1961 oleh Johny Mercer dan dinyanyikan pertama kali oleh Audrey Hepburn dalam sebuah adegan di film Breakfast at Tiffany`s.)

Moon River wider than a mile, i`m crossing you in style someday

Lagu ini baru kukenal beberapa bulan yang lalu. Berawal dari sebuah buku “keroyokan” musisi-musisi Indonesia berjudul Memoritmo, Ada Cerita Dalam Setiap Nada. Adalah vokalis Float, Hotmaroni Simamora yang menulis tentang lagu ini.

Lagu ini dinyanyikan oleh banyak musisi dengan berbagai versi. Audrey Hepburn, Frank Sinatra, Louis Armstrong, Aretha Franklin, dll (terlalu banyak jika saya tuliskan satu persatu). Namun versi yang paling melekat bagi saya adalah versi Andy Williams. Bukan karena alasan tertentu, hanya saja inilah versi kedua yang saya dengarkan setelah Audrey Hepburn sendiri.

You dream maker, you heartbreaker. Wherever you going, i`m going your way

Semenjak itu, lagu ini selalu saya mainkan di playlist dan selalu saya nyanyikan di setiap kesempatan. Saking seringnya beberapa orang menganggap saya mulai annoying, hehehe.

Hal yang paling saya suka dari lagu ini adalah liriknya. Berbagai macam interpretasi mengenai lagu ini sudah saya baca. Begitu pula dengan interpretasi dari hasil diskusi bersama beberapa orang teman. Namun tentu saja, apapun interpretasi tentang Moon River, saya lebih menyukai jika lagu ini menjadi bagian dari pemahaman pribadi saya. Jika ditanyakan apa perasaan saya saat mendengarkan lirik ini, seperti sebagian besar orang lainnya, saya merasa melankolia. Bahkan, lagu ini selalu menjadi pelengkap saat saya merasa galau (terutama tentang masa depan). Namun disatu sisi, mendengarkan lagu ini adalah sebuah penyemangat. Seperti drive, yang dapat membuat saya kembali bangkit. Tanyakan kenapa? Ikuti saja liriknya.

Two drifters off to see the world, there`s such a lot of world to see

Katanya, dunia itu luas. Banyak hal yang bisa kita lihat.

Sebuah lagu yang mengantarkan saya ke tempat lain dari belahan bumi meskipun masih di negara yang sama. Sebelum keberangkatan ke tempat itu,saya menyanyikan lagu ini berulang kali. Seingat saya, ada orang lain yang menyanyikannya bersama saya. Namanya Hazrina.

We`re after the bend, rainbow`s end

Sebuah lagu terkadang seperti sebuah harapan. Mendengarkan Moon River bagi saya seperti menyenandungkan harapan.

My huckleberry friend, Moon River and Me.

Apapun atau siapapun itu Moon River yang disenandungkan oleh Audrey Hepburn atau Andy Williams, namun Moon River telah menjadi sebuah frasa dalam kehidupan saya (mungkin juga untuk Hazrina).

Seperti lagu-lagu indah lainnya yang membangkitkan kenangan, Moon River pun akan membangkitkan memori-memori tentang berbagai hal nantinya di masa depan. Karena lagu ini sudah begitu melekat, meskipun baru beberapa bulan saya dengarkan.

Leave a Reply

