music · opini

What`s Beyond K-POP Wave? -Part 2-

Suatu saat disaat menonton sebuah acara musik yang khusus menghadirkan lagu-lagu K-Pop, saya berpikir “tidakkah audience musik di Korea Selatan sana bosan dengan tayangan musik yang itu-itu saja? Bukankah lebih menyenangkan jika menyaksikan musik yang lebih bervariasi?”.

Saya pikir masing-masing negara di dunia punya banyak musisi yang mengusung berbagai macam genre musik. Hanya saja industri membawa arus musik yang sama sesuai selera pasar. Maka terjadilah keseragaman jenis musik yang dihadirkan di pasaran.

Hal ini membuat saya penasaran dengan scene musik Korea yang sebenarnya. Rasa penasaran tersebut membawa saya ke sebuah situs http://www.koreanindie.com. Sama seperti saat pertama kali saya menyelami musik indie Indonesia, saya sempat kaget dengan banyaknya jenis musik Korea yang sedang berkembang. Hampir semua jenis musik di review disana. Rock, pop, folk, jazz, RnB, rap, punk, dll. Hal ini mengindikasikan bahwa pada kenyataannya musik di Korea Selatan sangat beragam, walaupun…sama seperti di negara kita, industri akan selalu mengikuti selera pasar.

By the way, saat berselancar di koreanindie.com saya menemukan seorang musisi “beracun” bernama Sunwoo Jung-Ah. Lagu pertama yang saya dengarkan adalah Song of Hero. Selanjutnya saya menonton performancenya menyanyikan lagu Its Hurt (2ne1 cover).  Wow, that was amazing voice!

Leave a Reply

