What`s Beyond K-POP Wave? -part 1-

Apakah era kejayaan K-POP masih akan berlangsung? Pertanyaan ini selalu hadir di kepala saya setiap menonton acara musik di televisi, membaca portal berita di internet, mengikuti lini masa twitter, ataupun saat membaca status-satus facebook para pecinta K-POP. Saya tidak tahu persis dan saya tidak bisa meramalkan. Namun sepertinya era kejayaan masih akan berlangsung untuk beberapa tahun mendatang. Buktinya para idola K-POP sibuk melakukan tur dunia, mempersiapkan aksi “comeback”, dan yang jelas terlihat adalah konser-konser K-POP yang akan digelar di negara kita.

Saya sendiri bukan pecinta K-POP. Pengetahuan saya tentang K-POP hanya sebatas Big Bang atau 2ne1. Selebihnya saya tidak terlalu mengikuti. Namun beberapa waktu lalu saya dibuat penasaran oleh penyanyi asuhan YG Entertainment bernama LEE HI. Rasa penasaran membuat saya rajin membuka video-video performancenya di Youtube. Hingga saya menarik kesimpulan bahwa Lee Hi dapat memberikan sebuah angin segar untuk dunia K-POP yang beberapa waktu lalu hanya diisi oleh boyband dan girlband yang memiliki jenis musik yang “hampir” sama. Musik yang diusung oleh gadis muda runner up acara K-POP STAR  ini adalah jazz, RnB, dan pop. Beberapa orang menyebutnya Adele dari Korea Selatan. Di bulan Maret lalu, Lee Hi meluncurkan sebuah debut album berjudul First Love, dan lagu “Rose” berhasil merajai tangga lagu K-POP hanya dalam waktu satu jam.

lee hi

Era boyband dan girlband mungkin akan terus berjaya. Namun beberapa waktu belakangan beberapa penyanyi solo agaknya mengambil alih tahta tangga lagu (mungkin untuk sementara). Yah, mungkin anda tidak lupa dengan  PSY yang sangat terkenal karena megahits-nya, Gangnam Style. K-POP is still rules, but maybe you need something different?

Leave a Reply

